My Books

My Books
Araska Publisher, 2014. Ellunar, 2014, 2015, 2015.
I LOVE KAMPUS FIKSI - #KAMPUSFIKSI12

Fenomena Cabe-cabean dan Alay-alayan 2014

Cabe-cabean 2014 dan Alay-alayan 2014

(Oleh Alfy Cassiopeia a.k.a Alfy Maghfira


Tahun 2014 emang udah zamannya, zaman eddaaan. Edan kayak gimana nih? Dari yang bocah ampe yang bau tanah udah terkena virus ‘Cabe-cabean’. Gua aja ampe geleng-geleng kepala, rasanya itu gemes, tontonan apes, ngerenyeus, merinding disco, sampe terbatuk-batuk, bukan apa-apa gue kayak gitu tapi saking gak percayanya sama dunia ini. Apa isinya dunia ini ‘orang gila semua’ termasuk gue dong? Lah kagaklah gue masih normal kok bukan abnormal kayak ‘Cabe-cabean’, 'Alay-alayan'.

1. Kasus alay-alayan yang sering jadi tontonan apes gratis gue, terutama menimpa sama anak ABG sekolahan. Coba mamen! Itu anak sekolahan tambah seragam biru dongker, SMP! Bro! Waduh!. Gua kalau lagi naik angkot jurusan kota nih bukan pedesaan, pernah ngamatin cewek pake baju SMP, tapi yang gue heranin itu jilbabnya bro! Jilbab putih yang diiket melingkar hingga ke belakang kepalanya tahu? Kalau gak tahu pura-pura tahu aja ya! (Maksa!).
Gue perhatiin tuh dengan seksama ampe mata gue berkunang-kunang lihat sesuatu yang nampol bulet di kepalanya. Lah itu apaan? Kayak tumor? Kok nyungcung gitu ya? terus tali kerudungnya tuh Cuma dikaitin ampe puncak kepalanya, otomatis kan tuh keningnya terutupi dengan rambut yang masih terburai dari pinggir pipinya.
Lantas gue nanya, “Itu apaan yang nancep di kepala?” maklum mulut gue gatal kalo gak nanya hal yang dirasa janggal.
Tuh bocah cengengesan sebelum ngejawab. “Ah ini?” sambil megang benjolan di kepalanya. “Ciput (daleman kerudung yang ada benjolannya)”
Tepuk jidat! Emang dasar zaman 2014, aneh-aneh. Heran gue....

2. Next Aki-aki alay berikutnya, sekarang menimpa aki-aki. Okeh loe tahu kan aki-aki kayak gimana normalnya? Udah gak usah dibahas tetek bengeknya, nanti jadi udzur bro! Saat gue lagi jalan-jalan nih di trotoar jalan kota gue yang anyep, jauh dari kemacetan dan hentakkan klackson.
Gua ngeliat tukang becak yang umurnya kisaran 50-an lah. Lagi nyesap rokoknya lalu asapnya dikepulkan bersama udara hingga gue terbatuk-batuk “uhuk-uhuk”. Tubuhnya tiduran di kursi penumpang dengan kaki selonjoran ditopang ke bilik besi becak. Telinganya disumbat sama head seat (widddiih tukang becak sekarang pada gaul mamen!) yang paling gue pelototin tuh Hp yang dipegang tukang becaknya. Busseeet! Gua kalah jauh sebagai anak muda modern terkini, Android mamen! (Ngumpet dikolong becak). Tapi gue suka bengong, kalau dengar omongan “Buat makan aja susah,” sambil menyemburkan kepulan asap ke muka gue. Busseett...., nah loh itu rokok kan dibelinya pake duit? Katanya buat makan aja susah, terus ngapain malah bakar-bakarn duit? Heran gue....

3. Cabe-cabean ditilang polisi

Loe suka ngeliat kan cewek-cewek kontemporer yang lagi boncengan, sambil kebut-kebutan ditambah knalpot yang babarawakan menyemburkan polutan di udara. Oh My God itu namanya pencemaran lingkungan! Tuh cewek-cewek doyan banget boncengan dirempet empat bro! Empat! Udah gak pake helm, menganggu kenyamanan pengendara lain, udah deh “Kalian Bapak Tilang!”
Keempat cewek itu bengong. Tanpa dosa, sambil lomba smsan sang pacar pencet keytutsnya .” Sayang aku ditilang” (Hueeeekkk!)
Pak Polisi bertanya. “Kenapa ber-empat?” lah pertanyaan yang bikin bingung.
Cabe-cabean jawab. “Berlima gak muat pak” Tepuk jidat!

4. Alay-alayan kena virus Korea-korea-an. Suer ya! gue suka pengen mewek, sedih, nyeess rasanya itu kalau ada status yang lewat dengan bahasa yang aduh bikin gue merintih, jatuh bangun aku menejermahkanmu, namun dirimu sungguh tak tahu malu. 


Nae chuaeta banget sama korea, kalau neo?
Oh ya Chingu rumahnya dimana?

Enyaaak...Babeeh tolong dong kasih gue KimChi supaya lidah gue jadi cadel-cadel gitu kayak orang korea dan bisa ngartiin nih ucapan bocah! (Bersimbah air mata T.T)
Terus yang paling bikin gue geli itu kalau nemu nama akun FB kalau gue bacanya itu kpleset nih lidah, saking licinnya tuh tulisan. ‘Omas SiYeojaCantik’ atau ‘Udin NamjaIndoPalingKeceh’ ada juga yang kayak gini ‘Hyumi ElfShawolVipExolInspiritCassie’. Gue ngebacanya itu kayak anak Tk baru belajar baca apaan tuh nama? Kayak lagi pamerin abjad aja? Heran gue....

5. Cabe-cabean lagi peluk-pelukkan. Idddiihh, loe harus nutup pantat loe! Eh bukan maksud gue muka loe kalau lagi kecolongan gak sengaja liat tontotan apes kayak begonoh. Tapi gue gak menampik, sering kali gue jumpain itu di jalanan ampe stopan mamen! Coba itu bayangkan bro! Anak SMP dan SMA udah main Back Hug sambil boncengan motor.
Itu urat malunya udah putus kali ya bro? Kalau gue gitu, gue takut digebukkin babeh apalagi ketahuan tetangga waduh gue bisa di-eRTe-in bro. Ikh atuuutt banget gue mah.

6. Cabe-cabean main gelap-gelapan. Jadi Cabe-cabean itu udah seperti kelelawar ye, suka main gelap-gelapan di pojokan, kekekekek. Gue sering kali jail nih bro, pemandangan kayak gini sering gue jumpai kalau malam kelam udah bertandang. Gue pernah ngelewatin sebuah Taman Kota di Kota gue tentunya. Kalau malam-malam di taman suka sepi. Gue iseng-iseng sorotin lampu motor ke sisi tergelap sudut tempat duduk di ruas jalan taman. Weheheh, cieee....ciee.... lagi pada romantis-romantisan nih ye. Tapi mereka gak lari, cuek bebek aja tuh. Heran gue...

Pegel banget duh, yaudin deh curhatan gue mengenai ‘Cabe-cabean 2014’  semoga Tuhan tidak menciptakan fenomena ‘Cabe-caben 2015’. Semoga kita terus membentengi pertahanan karakter dan moral baik kita dari virus Caba-cabean. Kita mah main Gula-gula-an aja tuh suka ada di tukang Gulali 2rb perak-an. Jangan mau jadi Cabe-cabean!

Share 'Fenomena Cabe-cabean dan Alay-alayan 2014' On ...

Ditulis oleh: Alfy Maghfira - Senin, 17 November 2014

Belum ada komentar untuk "Fenomena Cabe-cabean dan Alay-alayan 2014"

Posting Komentar